11 September 2001 Peristiwa Apa? Diabadikan Melalui Museum 9/11 New York dan Jadi Kisah Pilu Warga Amerika

HARIANE – 11 September 2001 peristiwa apa? pada tanggal tersebut merupakan waktu yang tidak dilupakan warga Amerika, karena kejadian besar dan memilukan mewarnai langit Amerika saat itu.

11 September 2001 peristiwa apa? kejadian memilukan melatar belakangi adanya pertanyaan tersebut, serangan kelompok militan dengan dua pesawat terbang yang menerjang dua menara kembar WCT di Manhattan, Kota New York.

Tidak hanya itu, menjawab 11 September 2001 peristiwa apa insiden besar kala itu melibatkan beberapa lokasi lain yang turut dijadikan target serangan, seperti pada Pentagon di Washington DC diterjang satu pesawat dan pesawat yang lain jatuh di Shanksville, Pennsylvania.

BACA JUGA:  Aktivis HAM Amerika Khawatirkan Nasib Hak LGBTQ dan Hak Kontrasepsi Setelah Roe v Wade Dibatalkan

11 September 2001 peristiwa apa
11 September 2001 peristiwa apa, menjadi pertanyaan atas kisah pilu insiden penyerangan di WTC Amerika. (Foto: Pexels/Thomas Svensson)

11 September 2001 peristiwa apa diungkap ketika langit Amerika semula biru menjadi hitam akibat kepulan asap hitam dari gedung yang diterjang pesawat penumpang, runtutan pembajakan maskapai penerbangan disertai serangan bunuh diri.

Dibalik peristiwa penyerangan World Trade Center ada pelaku yakni 19 teroris yang memiliki keterkaitan dengan kelompok radikalis al-Qaeda, yang menyerang target di Amerika.

Menurut Britannica, di balik 11 September 2001 peristiwa apa terdapat pemimpin al -Qaedah bin Laden dinilai sebagai dalang di balik insiden tersebut, walaupun masih ada seseorang yang menjadi perencana operasionalnya.

Dalam rencana penyerangan al-Qaedah menyiapkan personel, dana, serta kebutuhan logistik untuk melancarkan aksinya.