12 Contoh Susunan Acara Lamaran Secara Umum, Bisa Dimodifikasi Sesuai Keinginan

HARIANE – Proses lamaran dilakukan dalam beberapa tahapan. Tak perlu bingung, contoh susunan acara lamaran secara garis besar bisa diterapkan untuk adat tradisi manapun.

Tentu saja untuk memperlancar acara lamaran perlu contoh susunan acara lamaran sehingga prosesi lamaran bisa berjalan dengan lancar.

Bagi yang sedang mempersiapkan lamaran namun bingung terkait susunan acaranya, berikut contoh susunan acara lamaran yang bisa digunakan.

BACA JUGA:  Susunan Upacara 17 Agustus 2022 Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-77, Lengkap dari Awal Hingga Akhir

Seperti yang diketahui bahwa acara lamaran sendiri merupakan acara yang sangat dinanti oleh kedua mempelai beserta keluarga. Pada prosesi ini, pihak laki-laki secara resmi meminang mempelai wanita untuk memasuki jenjang pernikahan. Adapun berikut contoh susunan acara lamaran yang dilansir dari laman Youtube Nia Utami.

Contoh susunan acara lamaran secara umum

1. Kedatangan calon mempelai pria

Prosesi lamaran bermula ketika keluarga pihak mempelai pria hadir bersama keluarganya tiba di kediaman pihak mempelai wanita. Kunjungan ini disambut hangat oleh keluarga pihak perempuan. Selain itu, keluarga inti mempelai pria membawakan seserahan untuk sang mempelai wanita.

Pihak keluarga mempelai wanita menyambut kedatangan dan mempersilahkan untuk masuk ke dalam rumah atau tempat acara berlangsung.

2. Keluarga pihak wanita mempersilahkan masuk

Pihak keluarga mempelai wanita menyambut kedatangan dan mempersilahkan tamu untuk masuk lalu mengarahkan untuk menempati tempat yang telah disediakan. Hal ini merupakan tugas dari MC.