Waspada! 3 Kasus Anak Positif Virus Polio di Aceh Ditemukan Kemenkes Tanpa Gejala Lumpuh Layuh, Berikut Penyebab dan Cara Mencegahnya

HARIANE – Tiga kasus anak positif virus polio di Aceh, Kabupaten Pidie tanpa gejala lumpuh layuh mendadak telah ditemukan Kementerian Kesehatan pada Kamis, 24 November 2022

Temuan tiga kasus anak positif virus polio di Aceh tersebut diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan lanjut terhadap 19 anak usia kurang dari lima tahun yang tinggal di sekitar kasus polio pada awal bulan November lalu.

Berikut informasi selengkapnya seputar kasus anak positif virus polio di Aceh yang bisa disimak dibawah ini.

BACA JUGA:  Soal Kasus Gagal Ginjal Akut Anak di Indonesia, Kepala BPOM: Jangan Beli Obat Murah

Kasus Anak Positif Virus Polio di Aceh

Kasus polio mendadak yang terjadi di Aceh saat ini telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Kemenkes.

Bahkan, Kemenkes telah membuat surat edaran sebagai pedoman bagi para tenaga kesehatan dan terus berupaya melakukan pemantauan atau skrining dari rumah ke rumah untuk memastikan tidak ada tambahan kasus lumpuh layuh yang belum terlaporkan.

Meski begitu, berdasarkan pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO), tiga kasus anak positif virus polio di Aceh ini tidak dimasukkan dalam kriteria kasus lantaran tidak memenuhi kriteria adanya lumpuh layuh mendadak.

Sebagai informasi, sebelumnya Indonesia sudah dinyatakan bebas virus polio. Di mana bukti bebas polio ini terlihat dari tidak adanya kasus dan tracing survei yang aktif untuk rentan usia terkena polio di bawah 15 tahun.

Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Virus Polio

Kasus anak positif virus polio di Aceh
Vaksin polio untuk mencegah penyebaran kasus anak positif virus polio di Aceh. (Foto: Kemenkes)

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.