3 Tips Memilih Hewan Kurban Saat PMK, Kapan Waktu Tepat untuk Beli Hewan Kurban Idul Adha 2022?

HARIANE – Tips memilih hewan kurban saat PMK berikut ini penting untuk disimak sebagai persiapan Hari Idul Adha 2022 yang akan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Bagi yang ingin berkurban, tentunya tips memilih hewan kurban saat PMK bisa membantu untuk menentukan hewan ternak yang aman untuk disembelih karena nantinya akan dibagi untuk dikonsumsi masyarakat.

Tips memilih hewan kurban saat PMK yang aman kali ini tidak hanya membahas soal membedakan mana ciri hewan ternak yang sehat dengan yang sakit, tapi juga tips memilih waktu yang tepat membeli ternak.

Meskipun mengonsumsi daging ternak yang terkena PMK disebut aman, tentunya sebagai umat muslim yang baik ingin berkurban ternak yang sehat agar bisa bermanfaat secara maksimal bagi orang lain demi mendapatkan ridho Allah SWT.

BACA JUGA:  6 Amalan Sunnah Idul Adha 2022 Sebelum dan Sesudah Sholat Id, Bagaimana Ketentuan Berpakaian Menurut Islam?

Tips Memilih Hewan Kurban Saat PMK Menurut Dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang

drh. Nurul Humaidah yang merupakan dosen Fakultas Peternakan Unisma membagikan tipsnya untuk memilih hewan ternak kurban Idul Adha 2022 yang aman, seperti dilansir dari NU Online.

1. Tampilan Fisik Ternak yang Sehat

Ciri-ciri hewan ternak yang sehat bebas PMK bisa dilihat dari segi fisiknya. Menurut Nurul, ternak yang sehat memiliki kelincahan dan tidak terlihat lesu.

Hewan ternak yang sehat juga memiliki nafsu makan yang baik, dan tidak diare. Nurul menyampaikan ciri hewan ternak yang sehat ini bisa jadi syarat tambahan memilih ternak di luar syariat Islam.

2. Waktu Terbaik Membeli Hewan Ternak

Menjelang Hari Raya Idul Adha 2022 yang semakin dekat, makin banyak pula penjual hewan kurban yang sudah membuka lapaknya sejak jauh-jauh hari.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com