5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Jarang Diketahui

Kebalikan dari ekstrovert, introvert justru dapat bersosialisasi pada circle yang lebih kecil.

Orang yang introvert cenderung tidak berbicara banyak dan energi yang dimiliki jauh lebih optimal saat tidak bertemu dengan banyak orang.

Pada tahap tertentu, introvert sejatinya mampu membaur dengan orang-orang. Akan tetapi, hal tersebut hanya sebagai formalitas dan sebuah keharusan yang perlu dilakukan saja.

BACA JUGA:  6 Fakta Kepribadian Introvert, Kepribadian Unik Yeom Mi Jeong dalam Drakor My Liberation Notes

Mengapa Hal Ini Penting Untuk Dipahami?

Perbedaan ekstrovert dan introvert perlu dipamahi dengan baik karena menyangkut tigal hal berikut ini.

1. Self Awareness

Pentingnya memahami dua tipe karakter ini agar kita semakin peduli dengan diri sendiri. Dengan kita tahu tentang diri sendiri, apakah introvert atau ekstrovert, maka kita akan lebih mengetahui proses dalam menikmati hidup.

2. Social Life

Adanya dua tipe karakter seseorang yang berbeda menandakan bahwa kita harus bisa memahami orang yang memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda dengan kita.

Di dunia ini, kita tidak mungkin hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan orang lain dan perlu bersosialisasi dengan baik.

Pentingnya kemampuan diri dalam melihat sudut pandang orang lain dan turut merasakan yang orang lain rasakan dapat memunculkan rasa empati, sehingga proses diri dalam lingkungan sosial akan menjadi lebih baik.

Memahami kecenderungan antara orang ekstrovert dan introvert sangatlah berguna, dengan tujuan agar kita dapat memperlakukan orang lain dengan cara yang tepat.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com