5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Jarang Diketahui

3. Achievement (Pencapaian)

Semakin kita mengenali diri sendiri, maka akan semakin baik pula progress yang dapat dilakukan dan semakin banyak pencapaian yang dapat diraih.

Perbedaan Ekstrovert dan Introvert

Perbedaan ekstrovert dan introvert dapat dilihat dri hal-hal berikut ini.

1. Energi

Yeom Mi Jeong, Salah Satu Tokoh di Drakor My Liberation Notes yang Menunjukkan Fakta Kepribadian Introvert (Foto: Soompi)

Perbedaan ekstrovert dan introvert yang mendasar ialah bagaimana mereka bisa mendapatkan energi atau semangat, termasuk coping mechanim.

Orang yang ekstrovert cenderung memperoleh energi dari suasana yang ramai, interaksi sosial dengan orang lain, dan bercengkerama dengan teman-temannya.

Adanya stimulus dari faktor luar, maka sulit bagi ekstrovert dalam mengumpulkan energi jika sedang kesepian.

Sebaliknya, orang yang introvert cenderung lebih mudah mendapatkan energi atau semangat ketika berada dalam situasi yang sunyi dan tenang.

BACA JUGA:  Perlu Diketahui 15 Tanda Seseorang Memiliki Kepribadian INFJ, Sosok Introvert Unik dan Idealis

Hal inilah alasan introvert biasanya lebih suka menyendiri dan justru seringkali disalahpahami sebagai orang yang anti sosial atau Ansos.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Marilyn Monroe, “i restore myself when i’m alone”, yang artinya “saya memulihkan diri ketika saya sendiri”.

Menurut pandangan Sherly Annavita Rahmi, orang yang introvert saat berkumpul dengan orang lain akan lebih mengutamakan kualitas dibandingkan dengan persoalan seberapa banyak orang yang bertemu dengannya.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com