5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Jarang Diketahui

2. Emosi

Perbedaan kedua antara ekstrovert dan introvert yaitu tentang bagaimana kedua tipe karakter tersebut mampu meluapkan emosinya.

Introvert yang akrab dengan kesunyian, maka orang-orang dengan tipe ini akan meluapkan emosinya dalam ketenangan.

Jika introvert sedang sedih, maka ia akan memilih dan menyendiri serta bisa saja menangis tanpa harus bertemu dengan orang lain.

Sebaliknya, orang ekstrovert yang cenderung sering bertemu dengan orang lain, akan meluapkan emosinya dengan cara speak up.

Ekstrovert akan merasa lebih nyaman untuk bercerita dengan orang lain dan meluapkan emosinya secara terbuka.

3. Komunikasi

Cara komunikasi seseorang sangat berkaitan erat dengan kepribadian diri sendiri.

Ekstrovert yang memiliki kecenderungan untuk talkative jauh lebih luwes dalam menyampaikan sesuatu dengan cara speak up.

Orang yang ekstrovert bisa menyapa dan membuka obrolan terlebih dahulu dengan orang lain, bahkan dengan orang baru yang belum dikenal sekali pun.

Banyak yang mendefinisikan orang ekstrovert dengan “a potential excellent communicator”, yang jika diolah dengan baik, maka ia akan memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Sementara itu, orang yang introvert jarang menyampaikan sesuatu dengan speak up atau terbuka.

BACA JUGA:  5 Tipe Orang yang Harus Dihindari Dalam Pertemanan, Perlu Selektif Biar Gak Makan Hati

Saat menyampaikan sesuatu yang penting, introvert biasanya lebih berhati-hati dan membaca situasi sekitar terlebih dahulu.

Meskipun demikian, hal tersebut bukan merupakan hambatan bagi introvert untuk menjadi komunikator yang handal, karena seorang introvert cenderung bisa menjadi pendengar yang baik.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com