BMKG Ungkap Alasan Gempa Cianjur Jawa Barat 2022 Bisa Menimbulkan Banyak Korban Jiwa

HARIANEUpdate terbaru Gempa Cianjur Jawa Barat yang terjadi Senin, 21 November 2022 menimbulkan korban jiwa sebanyak 46 orang dan 700 lainnya mengalami luka-luka.

Gempa Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 SR mengguncang sejumlah wilayah di kabupaten ini dan sekitarnya, bahkan juga terasa hingga ke Bekasi, Tangerang Selatan, dan Jakarta.

Selain menimbulkan korban jiwa, gempa Cianjur Jawa Barat juga menyebabkan sejumlah bangunan rusak mulai dari kerusakan yang ringan hingga berat.

BMKG pun memberikan penjelasan soal alasan mengapa gempa Cianjur hari ini bisa menimbulkan kerusakan yang cukup besar dan korban jiwa yang cukup banyak, padahal kekuatan gempanya relatif tidak besar?

BACA JUGA:  Info Terbaru Gempa Cianjur Hari ini 21 November 2022, 343 Rumah Mengalami Rusak Berat dan Satu Pondok Pesantren Ambruk

Sejarah Gempa Cianjur Jawa Barat, Meski Kecil Tapi Berada di Kedalaman yang Dangkal

gempa cianjur jawa barat
Kerusakan gempa Cianjur hari ini terasa hingga di beberapa wilayah sekitar. (Foto: Twitter/merapi_uncover)

Melalui konferensi pers yang dilakukan BNPB Indonesia bersama dengan BMKG, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan bahwa wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, dan Bandung termasuk ke dalam kawasan seismik aktif dan komplek.

Disebut kawasan seismik aktif karena kawasan tersebut memang sering terjadi gempa bumi dengan berbagai macam magnitude dan kedalaman.

Daryono menyebutkan kompleksitas tektonik yang ada pada kawasan Cianjur bisa memicu gempa bumi dangkal atau shallow crustal earthquake seperti yang terjadi pada gempa Cianjur Jawa Barat hari ini di kedalaman 10 km.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com