Anak-anak Sudah Bisa Ikut Vaksin Covid-19 Mulai Selasa 14 Desember

hariane.com – Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac disiapkan untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun. Vaksinasi covid-19 untuk anak ini akan dimulai besok Selasa, 14 Desember 2021.

Pelaksaan vaksinasi anak ini akan menyasar 26,5 juta anak. Vaksinasi ini sesuai arahan presiden dan rekomendasi dari Indonesian Tecnological Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Mulai Selasa (14/12) sudah dimulai di beberapa daerah. Setelah itu akan dilakukan secara bertahap,” ujar Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu.

BACA JUGA: Batal PPKM Level 3, Jogja-Solo Launcing Calendar of Event 2022

Menurutnya, jenis vaksin yang akan digunakan pada anak-anak ini adalah vaksin sinovac yang sudah mempunyai Emergency Use Autorization (EUA). Sebanyak 6,4 juta dosis disiapkan hingga akhir tahun 2021.

“Pada Januari 2022 akan ada tambahan dari Dirjen Farmlkes agar vaksinasi tidak putus,” ujarnya.

Dosis vaksin yang akan diberikan untuk anak sebesar 0,5 mili. Diberikan 2 kali dengan rentang waktu minimal 28 hari.

Sementara untuk tempat vaksinasi akan dilakukan di puskesmas, rumah skit atau pusat layanan kesehatan lain seperti Klinik dan sentra vaksinasi.

BACA JUGA: Google Akan Hadirkan Android Play Store Games di PC Windows Tahun Depan

“Kami harap nanti ada pos pelayanan vaksinasi di sekolah dan satuan pendidikan lainnya,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini baru beberapa daerah yang sudah siap meliputi Banten, D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Bali dan Sulawesi Utara.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com