Apa Itu Aplikasi Mastodon? Ramai Dibicarakan Setelah Twitter Diduga Akan Ditutup

HARIANE – Pertanyaan apa itu aplikasi Mastodon banyak dipertanyakan netizen tanah air setelah viralnya isu Twitter akan ditutup akibat gelombang pengunduran diri staff ahli Twitter.

Tak hanya ramai dipertanyakan saat ini, ternyata pertanyaan apa itu aplikasi Mastodon pernah viral di beberapa negara saat Elon Musk berhasil mengakuisisi Twitter pada beberapa waktu yang lalu.

Apa Itu Aplikasi Mastodon?

apa itu aplikasi mastodon
Logo Aplikasi Mastodon. (Foto; Twitter/ jounmastodon)

Seperti yang diwartakan oleh CBC,  Mastodon merupakan platform media sosial yang terlihat seperti Twitter. Aplikasi ini dilengkapi dengan tagar, isu-isu politik, dan meme teknologi.

BACA JUGA:  Penghina Ibu Negara Iriana Jokowi Diburu Polisi, Cuitan di Twitter Mengandung Unsur Pidana?

Berbeda dengan media sosial pada umumnya, platform Mastodon sebagian besar dijalankan oleh administrator sukarela yang mengabungkan sistem mereka dalam sebuah federasi.

Siapa Pencipta Aplikasi Mastodon?

apa itu aplikasi mastodon
Ilustrasi Mastodon. (Foto: Twitter/ simonhodgkins)

Mastodon lahir dari seorang programmer muda Jerman Eugen Rochko pada tahun 2017. Rochko mengaku aplikasi Mastodon lahir karena keinginannya untuk menciptakan ruang publik yang berada di luar kendali entitas (perusahaan) tunggal.

Saat itu, Rochko mengambil alih Mastodon di tengah isu bahwa pendiri PayPal dan Peter Thiel ingin membeli Twitter.

Akhirnya, keinginan tersebut mulai membuahkan hasil. Saat ini aplikasi ciptaan Rochko ini telah digunakan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com