Apa itu Pandemic Fund G20? Salah Satu Bahasan Penting dalam Pertemuan KTT G20 di Bali

HARIANE – Negara anggota G20 resmi meluncurkan Pandemic Fund G20 yang merupakan salah satu upaya penanganan pandemi yang mungkin akan datang di kemudian hari..

Pandemic Fund G20 merupakan salah satu hal yang dibahas oleh negara anggota dalam pertemuan G20 pada Minggu, 13 Oktober 2022.

Pandemic fund G20 digadang-gadang akan menjadi tonggak penting saat negara dilanda pandemi. Namun apa itu Pandemic Fund? Simak informasinya sebagai berikut.

Pengertian Pandemic Fund G20

Pandemic Fund G20
Menkeu berbicara terkait urgensi Pandemic Fund G20. (Foto: Instagram/@smindrawati)

BACA JUGA:  Daftar Tamu KTT G20 yang Telah Tiba di Bali, Ada Joe Biden hingga Yoon Suk Yeol

Dilansir dari laman Kementerian Keuangan yang mengungkapkan pengertian Pandemic Fund dan bagaimana langkah in dapat menyelamatkan Indonesia dari pandemi.

Pandemic fund merupakan dana darurat pandemi yang menjadi bahasan penting dalam pertemuan KTT G20.

Dana darurat ini nantinya akan digunakan untuk menagani berbagai kondisi darurat saat terjadi pandemi di kemudian hari.

Dengan diluncurkannya dana pandemi ini yang merupakan tonggak sangat penting, ini akn memberikan titik awal bagi kita semua untuk menunjukkan kapada dunia bahwa G20 mampu menghasilkan tindakan nyata yang memiliki dampak global,” ungkap Menkeu Sri Mulyani.

Pandemic Fund sejauh ini diketahui telah mengumpulkan dana sekitar 1,4 miliar USD yang berasal dari 20 kontributor termasuk negara  anggota G20, non-anggota G20 dan tiga lembaga filantropfis dunia.

Menkeu juga mengatakan bahwa dana ini akan terus bertambah sejak beberapa negara menjanjikan kontribusinya untuk Pancemic Fund.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.