Apa Itu Wayang Beber? Museum Sekartaji di Jogja Jadi yang Pertama Mengoleksi

HARIANE – Apa itu wayang beber merupakan pertanyaan yang dilontarkan oleh orang-orang yang belum mengetahui salah satu jenis benda budaya ini.

Penjelasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan apa itu wayang beber yang dikoleksi pertama kali oleh Museum Sekartaji Jogja.

Lantas, apa itu wayang beber? Apakah proses pembuatannya berbeda dengan wayang kulit? Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Wayang Beber?

Koleksi Museum Wayang Beber Sekartaji
Koleksi Museum Wayang Beber Sekartaji di Jogja. (Foto: Wahyu Turi K)

Museum wayang beber Sekartaji merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi lukisan wayang beber.

Terletak di Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, Museum wayang beber Sekartaji berdiri sejak 1971, nama Sekartaji berasal dari singkatan ‘Semedi Cakra Jawata Aji’.

Hingga saat ini museum wayang beber Sekartaji memiliki ratusan koleksi benda-benda kuno terutama koleksi benda berkebudayaan Jawa.

BACA JUGA:  Penemuan Mayat di Srandakan Bantul Gegerkan Warga Setelah Tercium Bau Menyengat

Wayang beber sendiri merupakan wayang tertua di Indonesia yang dalam metode pertunjukannya dilakukan dengan membentangkan lembaran kertas atau kain untuk menceritakan suatu kisah dan tokoh.

Indra Suroinggeno merupakan tokoh dibalik museum wayang beber Sekartaji. Hidup di era modern dimana kebudayaan nenek moyang mulai luntur, Indra memilih untuk menjadi motor penggerak pelestarian budaya.

“Kebudayaan Nusantara itu jalan hidup, tanah air ini sudah memberi kita segalanya jadi kita pun seyogyanya melestarikannya dengan budaya. Saya meyakini hidup ini tidak selalu tentang angka tapi sebuah nilai,” jelas Indra, Senin 23 Januari 2023.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com