Waspada! Banjir Rob di Jakarta Utara Mulai 8-14 November 2022, Dampak Gerhana Bulan Total

HARIANE – Peringatan banjir rob di Jakarta Utara terutama daerah pesisir kini sedang gencar disosialisasikan BPBD DKI Jakarta.

Peringatan banjir rob di Jakarta Utara tersebut didapatkan berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok soal Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB).

Di mana peringatan potensi banjir rob di Jakarta Utara ini diperkirakan akan terjadi mulai 8-14 November 2022.

BACA JUGA:  Dampak Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa Tengah, Menggenangi Sejumlah Wilayah di Beberapa Kabupaten dan Kota

Peringatan Banjir Rob di Jakarta Utara

Sebagai informasi, banjir rob bisa terjadi akibat dari adanya aktivitas pasang air laut yang mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob.

Adapun dilansir dari akun Instagram @bpbddkijakarta, sejumlah wilayah pesisir Jakarta yang akan terdampak banjir rob, antara lain:

-Kamal Muara

– Kapuk Muara

– Penjaringan

– Pluit

– Ancol

– Kamal

– Marunda

– Cilincing

– Kalibaru

Di mana Pemerintah Kota Jakarta Utara pun  menyatakan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak gerhana bulan yang diprediksi terjadi Selasa, 8 November 2022. 

Sehingga masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

Seperti yang diketahui bahwa, sebagai wilayah yang terletak di pesisir Jakarta Utara ini memang sudah akrab dengan dampak dari bulan purnama. 

Secara periodik setiap bulan, sejumlah lokasi di Jakarta Utara telah terdampak bnjir rob akibat kenaikan muka air laut karena bulan purnama. 

Sehingga Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim memastikan bahwa, masyarakat telah disosialisasikan terkait fenomena alam gerhana bulan total beserta dampak rob yang diprediksi lebih tinggi dibandingkan saat terjadinya bulan purnama. 

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com