Berapa UMP Jogja 2023 Terbaru? Pemda DIY Turuti Aturan Kemnaker Soal Kenaikan Upah Minimum

HARIANE – Berapa UMP Jogja 2023 setelah mengikuti aturan baru dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yang akan mulai berlaku tanggal 1 Januari 2023 mendatang?

Soal jumlah berapa UM Jogja 2023, Pemerintah Daerah DIY melakukan penundaan pengumuman setelah sebelumnya berencana dilakukan pada Sabtu, 20 November 2022.

Untuk menentukan jumlah berapa UMP Jogja 2023, Pemda DIY akan menggunakan rumus baru yang ditetapkan oleh Kemnaker yang disesuaikan dengan inflasi yang disebabkan karena kenaikan barang konsumsi.

Pemda DIY juga memberikan jawaban atas tuntutan Majelis Pekerja Buruh Indonesia Yogyakarta yang menuntut UMK dinaikkan menjadi Rp 3,7 juta hingga Rp 4,2 juta.

BACA JUGA:  Kasus Pencurian Pikap di Sewon Bantul Berhasil Terungkap, Pelaku Mencari Target Secara Acak

Penundaan Pengumuman Besaran Berapa UMP Jogja 2023 dan juga UMK untuk Setiap Wilayah

Berapa UMP Jogja 2023
Pemda DIY berikan penjelasan soal penundaan pengumuman berapa UMP Jogja 2023. (Foto: Instagram/humasjogja)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Ketenegarakerjaan Nomor 18 Tahun 2022 tentang menentukan besaran upah minimum tahun 2023.

Peraturan tersebut dikeluarkan untuk menggantikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 yang dinilai tidak relevan dengan dampak inflasi yang terjadi saat ini.

Peraturan baru yang dikeluarkan Kemnaker juga memuat soal rumus yang bisa digunakan untuk menghitung besaran UMP dan UMK untuk setiap daerah, namun setiap daerah tidak menaikkan upah minimum lebih dari 10% dari tahun sebelumnya.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.