Cara Daftar DTKS Kemensos Mandiri untuk Dapat Bansos dan BLT BBM 2022

HARIANE – Cara daftar DTKS Kemensos mandiri menjadi topik yang banyak dicari, pasca kenaikan harga BBM bersubsidi di Indonesia. Sebab, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ini memuat siapa saja yang berhak menerima bantuan sosial (bansos).

Cara daftar  DTKS Kemensos mandiri ini bisa dilakukan oleh masyarakat lapisan bawah yang dirasa belum terdaftar sebagai penerima bansos dari pemerintah.

Sebab, jika masyarakat yang berhak menerima bansos, namun belum terdaftar sebagai penerima, diimbau untuk segera mendaftar melalui cara daftar DTKS Kemensos mandiri berikut.

Apa Itu DTKS?

Sebelum lebih jelas membahas mengenai cara mudah daftar DTKS Kemensos secara mandiri, ada baiknya mengetahui lebih dulu mengenai apa itu DTKS dan peranannya dalam pembagian bansos.

BACA JUGA:  Cara Daftar DTKS Jakarta Kemensos 2022 Online Lewat HP di Aplikasi Cek Bansos agar Dapat Bansos PKH 2022 Tahap 3

Dilansir dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) menjelaskan bahwa DTKS merupakan sebuah data induk yang berisikan data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial. 

Dimana DTKS ini memuat lebih dari 40 persen penduduk yang masuk kategori penerima bantuan BST dan PKH.

Cara Daftar DTKS Kemensos Mandiri

Alur cara mudah daftar DTKS Kemensos secara mandiri
Alur cara mudah daftar DTKS Kemensos secara mandiri melalui desa atau kelurahan. (Foto: Instagram/pusdatinkesos)

Lantas, bagaimana cara mudah daftar DTKS Kemensos secara mandiri? Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran DTKS Kemensos.