Tetap Aman Berkendara, 5 Cara Menggunakan Car Seat yang Benar Pada Bayi

HARIANE – Cara menggunakan car seat yang benar patut diketahui oleh para orang tua demi terjaminnya keselamatan si kecil.

Cara menggunakan car seat yang benar ini bisa diterapkan oleh para orang tua yang ingin bepergian menggunakan mobil.

Cara menggunakan car seat yang benar perlu diperhatikan, karena tidak bisa asal-asalan dalam pemakaiannya.

Namun, masih banyak orang tua yang keliru terkait cara menggunakan car seat yang benar kepada anak, padahal hal ini sangat penting.

BACA JUGA:  3 Cara Selamat dari Gempa Bumi, Hapal dan Pahami untuk Pencegahan Pertama Bencana Alam

Sebelumnya ketahuilah bahwa penggunaan car seat atau kursi keselamatan pada anak dapat mengurangi risiko bayi meninggal jika mengalami kecelakaan.

Disamping keamanan, alat ini juga dapat membantu para orag tua agar buah hati bisa duduk dengan tenang dan nyaman, serta tidak mengganggu konsentrasi ayah atau bundanya yang sedang menyetir.

Tanpa berlama-lama, simak cara menggunakan car seat yang benar pada bayi di bawah ini yang dilansir dari laman Parents.

Cara Menggunakan Car Seat yang Benar

1.Gunakan sabuk pengaman atau jangkar bawah

Pastikan ketika memasang car seat sudah benar dan tidak bergeser sejauh 1 inci. Pasang sabuk pengeman atau jangkar bawah dengan benar sampai berbunyi ‘klik’. Beberapa orang tua percaya bahwa menggunakan sabuk oengaman dan jangkar bawah membuat anak lebih nyaman, namun sebagian besar akan memilih salah satunya.

2.Posisi belakang tengah

Meletakkan car seat di belakang tengah dapat mengurangi hingga 75%tingkat kematian anak saat terjadi kecelakaan. Dengan posisi di belakang leher, kepala,dan tulang belakang anak akan terlindungi maksumal pada benturan.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.