Daftar Bantuan Sosial 2021 Untuk Meringankan Masyarakat

Dampak pandemic covid-19 memang masih terasa sampai sekarang. Banyak masyarakat yang masih merasa kesulitan untuk sekadar mendapatkan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Untuk menanggulangi hal ini, maka pemerintah menurunkan bantuan sosial atau yang sering disebut bansos. Khususnya untuk masyarakat yang memang terdampak pandemic covid-19 ini. Bantuan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah sendiri berupa sembako, uang tunai, kuota internet pelajar dan masih banyak lainnya. Anggaran yang dikeluarkan untuk bantuan sosial ini sendiri meningkat ke sekitar Rp 744 triliun dibandingkan sebelumnya Rp 699 triliun. Sejumlah kementerian seperti Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan sebagainya yang mengeluarkan bantuan sosial ini.

8 Daftar Bantuan Sosial 2021 untuk Terdampak Covid-19

Pemerintah mengeluarkan setidaknya 8 bantuan sosial untuk yang terdampak covid-19. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Kartu Sembako

Bantuan sosial pertama adalah bantuan kartu sembako non-tunai. Untuk bantuan ini diberikan sebesar Rp 20.000 setiap bulan kepada setiap KK. Penyaluran bantuan ini lewat bank dan agen yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Masyarakat bisa mendapatkan bantuan ini dengan mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kemensos. Untuk bantuan kartu sembako ini bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan pangan.

  1. PKH (Bantuan Program Keluarga Harapan)

Untuk bantuan sosial ini diupayakan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga. Mulai dari transportasi ke pelayanan kesehatan, dan masih banyak lainnya. Program bantuan ini diberikan kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Jumlah uang yang didapatkan oleh setiap penerima bisa berbeda-beda. Ada yang mulai dari Rp 200.000 – 1.000.000.

  1. Subsidi Kuota Internet

Biasanya subsidi kuota internet ini akan disalurkan bertahap pada pelajar dan mahasiswa di tanggal 11 – 15 tiap bulan. Bantuan ini diberikan untuk mendukung kegiatan belajar anak-anak di Indonesia dan tenaga pengajar dari berbagai jenjang pendidikan. Untuk besaran kuota internet ini sesuai jenjang pendidikan. Peserta didik PAUD mendapatkan sebesar 7GB, murid SD – SMA mendapatkan sebesar 10GB, sedangkan pendidik PAUD – SMA mendapatkan 12 GB. Mahasiswa dan Dosen mendapatkan kuota 15GB per bulan.

  1. Bantuan UKT Kemendikbud Kementerian

Kemendikbud Ristek (Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi) pun ikut meluncurkan program bantuan Uang Tunai Kuliah (UKT). Untuk besarannya sampai Rp 2.400.000 tiap mahasiswa. Dalam perealisasinnya, Kemendikbud Ristek menyalurkan anggaran sampai Rp 745 miliar. Mendikbud Nadiem Makarim menerangkan jika bantuan ini disesuaikan dengan besaran UKT mahasiswa. Jadi setiap mahasiswa bisa mendapatkan bantuan UKT maksimal sebesar Rp 2.400.000.

  1. Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan

Bantuan ini ditujukan kepada 1.5 juta pekerja calon penerima subsidi upah. Target bantuan subsidi ini sekitar 7 juta pekerja dengan kriteria berikut:

  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai upah dibawah Rp 3.500.000
  • Berada di wilayah PPKM level 3 dan 4 sesuai instruksi Mendagri Nomor 22 dan 23 Tahun 2021

Selain itu penerima bantuan ini juga ditujukan kepada individu yang bukan penerima bansos lainnya. Misalnya bansos insentif prakerja, bantuan PKH, dan bantuan produktif usaha mikro.

  1. Bantuan Insentif Prakerja

Awalnya Program Kartu Prakerja ini direncanakan hanya sampai gelombang 21 saja. Akan tetapi karena banyak keanggotaan prakerja yang dicabut, maka pemerintah membuka gelombang ke-22. Yang sudah dilaksanakan bulan kemarin. Bantuan ini tentunya sangat membantu beberapa orang yang merasa kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan tetap.

  1. Subsidi Listrik

Adalah bantuan berupa diskon tarif listrik dan pembebasan biaya beban atau abdpmen. Untuk listrik yang mendapatkan subsidi adalah pelanggan 45 VA dan 900 VA.

  1. Bantuan UMKM

Bantuan ini ditujukan kepada UMKM yang sudah terdaftar di koperasi wilayah sendiri. Pihak yang memperoleh bantuan UMKM adalah para pelaku usaha mikro yang tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari bank.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.