Daftar Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Kesedihan Rasul Hingga Hari Ulang Tahun NU

HARIANE – Beragam peristiwa penting di bulan Rajab perlu diketahui oleh umat muslim, mengingat pada bulan tersebut memiliki keutamaan istimewa apabila seseorang menjalankan ibadah sunnahnya.

Informasi mengenai peristiwa penting di bulan Rajab mulai banyak dicari, mengingat sejak Senin, 23 Januari 2023 sudah masuk bulan Rajab menurut kalender Islam atau Hijriyah.

Peristiwa penting di bulan Rajab ini mengangkat beragam kisah istimewa dalam sejarah Islam, berkaitan dengan sejarah hidup Rasulullah SAW, perjalanan dakwah, hingga masa kesedihan Rasulullah ketika kehilangan orang terkasih, yakni Abu Thalib selaku paman.

Abu Thalib adalah orang  menjadi pelindung Rasulullah SAW selama berdakwah, sekaligus benteng pertahanan yang selalu membela perjuangan Rasulullah.

BACA JUGA:  1 Tradisi Unik Ramadhan Ala Warga Kota Tangerang,Keramas Bersama di Bantaran Sungai Cisadane

Abu Thalib wafat pada bulan Rajab yakni 6 bulan setelah keluar dari pemboikotan pada usia 87 tahun.

Masih banyak peristiwa penting di bulan Rajab yang bisa diketahui sebagai bentuk kecintaan seorang muslim kepada Rasulullah SAW.

Peristiwa penting di bulan Rajab
Peristiwa penting di bulan Rajab salah satunya adalah Isra’ Mi’raj. (Foto: Unsplash/tasnim umar)

Dilansir dari laman NU Online, berikut penjelasan terkait peristiwa penting di bulan Rajab yang perlu diketahui umat Islam:

1. Sayyidah Aminah binti Wahb mulai mengandung anak yang kelak diberi nama Muhammad saat bulan Rajab.

Setelah mengandung selama sembilan bulan pada Rabi’ul Awal, Sayyidah Aminah binti Wahb melahirkan sosok paling mulia, yakni baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Kelahiran Rasulullah merupakan suatu rahmat Allah yang turun untuk alam semesta.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com