Elektabilitas PDIP di Pemilu 2024, Punya Tren Positif saat Rayakan HUT ke-50 Tahun

HARIANE – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rayakan HUT ke-50 tahun pada Selasa, 10 Januari 2023. Bersamaan dengan hal tersebut elektabilitas PDIP di Pemilu 2024 juga mengalami tren yang positif.

Elektabilitas PDIP di Pemilu 2024 memang jadi sorotan. Pasalnya, partai yang dibentuk oleh Megawati Soekarnoputri ini menduduki urutan pertama di dua pemilu sebelumnya, yakni 2014 dan 2019.

Buat yang penasaran dengan elektabilitas PDIP di Pemilu 2024 mendatang, di bawah ini akan dibahas hasil riset yang dilakukan oleh lembaga survei kenamaan.

Elektabilitas PDIP di Pemilu 2024 alami kenaikan berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga survei Poltracking Indonesia

Elektabilitas PDIP di Pemilu 2024
Terlihat seluruh kader PDIP, termasuk Jokowi, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani foto bersama saat rapat kerja nasional II PDIP pada 2021. (Foto: pdiperjuangan.id)

Poltracking Indonesia merupakan perusahaan riset dan konsultan strategi yang dibentuk oleh Handa Yuda AR pada 2012.

Dimana perusahaan fokus pada kajian politik mengenai demokratisasi dan pelembagaan institusi demokrasi di Indonesia. Termasuk mengkaji tentang elektabilitas partai politik (parpol) yang terlibat dalam pemilu.

BACA JUGA:  Info Terbaru Serial Netflix Gadis Kretek: Pemeran Hingga Novel yang Diadaptasi

Bicara soal elektabilitas PDIP di Pemilu 2024, tentunya tidak akan terlepas dari hasil pemilu sebelumnya.

Dilansir dari laman resmi KPU, PDIP meraih 19,33 persen perolehan suara di pemilu 2019. Total PDIP mendapat perolehan 27.053.961 suara sah dari seluruh Indonesia.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com