Festival Pendidikan Agama Islam Dibuka untuk SMA dan SMK 2022, Buruan Daftar!

HARIANE – Kementerian Agama (Kemenag) kini menyelenggarakan kegiatan festival Pendidikan Agama Islam.

Adapun festival Pendidikan Agama Islam ini telah dibuka sejak Kamis, 01 September 2022 lalu.

Festival Pendidikan Agama Islam ini ditujukan bagi siswa SMA dan SMK tahun 2022.

Para siswa SMA maupun SMK dapat mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya melalui kegiatan festival Pendidikan Agama Islam.

BACA JUGA:  Link dan Persyaratan Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya untuk Pelajar SMA/SMK/MA, Segera Simak dan Catat

Berdasarkan laman resmi Kementerian Agama, festival Pendidikan Agama Islam (PAI) ini digelar sebagai sarana aktualisasi diri bagi siswa sesuai bakat dan minat siswa.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PAI, Amrullah dalam keterangan resminya. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan festival PAI dibentuk sebagai media penguatan nilai-nilai moderasi beragama.

Penyelenggaraan festival tersebut dilatarbelakangi oleh adanya kemajuan teknologi yang membuat hubungan masyarakat dengan dunia internet semakin intens.

Bahkan, Indonesia pernah mendapatkan predikat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak nomor empat di dunia pada tahun 2021.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) sebagai salah satu instrumen pendidikan nasional perlu memberikan perhatian ekstra terhadap fenomena tersebut.

PAI-BP perlu memberikan perhatian ekstra terhadap fenomena ketergantungan para siswa SMA dan SMK terhadap internet.

Menurut Amrullah, fenomena tersebut memungkinkan para siswa akan terpapar ideologi atau pemikiran yang bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia.