Gempa di Turki Hari Ini 23 November 2022 Berkekuatan 5,9 SR Sebabkan Kepanikan, 68 Orang Luka-Luka

HARIANE – Telah terjadi gempa di Turki hari ini Rabu, 23 November 2022 sekitar pukul 04.08 waktu setempat.

Diwartakan oleh The Washington Post, gempa di Turki berkekuatan 5,9 skala richter sebabkan kepanikan yang luar biasa bagi warga setempat.

Apalagi pada 12 November 1999 silam, sempat terjadi gempa di Turki dengan kekuatan 7,6 skala richter yang sebabkan delapan ratus orang meninggal dunia.

Padahal beberapa bulan sebelumnya, tepatnya Agustus 1999 salah satu provinsi di Turki, Kocaeli diguncang gempa dahsyat hingga menelan 17.000 korban.

BACA JUGA:  Update Terbaru Gempa Cianjur Hari ini 22 November 2022, Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 162 Orang

Gempa di Turki Hari Ini 23 November 2022

Dilaporkan oleh Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat, gempa di Turki 23 November 2022 berpusat di kota Golkaya Provinsi Duzce.

Gempa tersebut bahkan terasa sampai Istanbul, ibu kota Ankara dan sebagian kota yang dekat dengan pusat gempa.

Tidak hanya sekali, lusinan gempa susulan juga dilaporkan terjadi. Dan salah satu dari gempa susulan tersebut bahkan berkekuatan 4,3 SR.

Gempa yang terjadi pada pagi hari tersebut sampai membuat warga terbangun dalam kondisi panik dan terburu-buru meninggalkan bangunan rumah.

68 Orang dilaporkan mengalami luka-luka saat berusaha menyelamatkan diri. Beberapa korban mengaku lompat dari balkon dan jendela demi bisa cepat keluar dari rumah mereka.

BACA JUGA:  Keajaiban Gempa Bumi di Cianjur: Anak 5 Tahun Ditemukan Selamat di Reruntuhan Bangunan

Kini para korban telah dibawah ke rumah sakit yang berada di kota Duzce dan sekitarnya untuk mendapatkan perawatan intensif.

Usai kejadian memilukan tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bergegas menyampaikan pidato terkait kondisi terkini kepada warganya.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com