Gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022, Ridwan Kamil Peringatkan Soal Berita Hoaks Gempa Cianjur

HARIANE – Gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022 terjadi dengan kekuatan 6,4 SR berada di kedalaman 118 km yang berpusat di 52 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022 terasa cukup kuat di sekitar epicentrum, serta goyangannya pun terasa hingga Yogyakarta dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

Meski berskala besar, bahkan lebih besar dari gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu, Gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022 tidak berpotensi tsunami dan tidak menimbulkan kerusakan. 

Memberikan update soal laporan situasi terkini di Garut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerukan kepada masyarakat agar tidak termakan kabar hoaks yang beredar.

Gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022, Air Laut di Pantai Terpantau Kondusif

gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022
Petugas polisi Babinkambtibnas melaporkan dari Pantai Sayang Heulang Garut Selatan. (Foto: Instagram/ridwankamil)

BMKG memberikan informasi bahwa telah terjadi gempa bumi di Garut dengan kekuatan 6,4 SR pada 16.49 WIB. Gempa bumi tektonik yang terjadi akibat dari pergeseran lempeng Indo-Australia ini dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Melalui akun Instagram pribadi @ridwankamil, Ridwan Kamil pun turut memberikan laporan akan situasi terkini pasca gempa Garut Sabtu 3 Desember 2022.

Dalam video yang diunggahnya, Polisi Babinkamtibmas menyampaikan bahwa situasi hasil pengamatan pasca gempa menunjukkan tidak ada kejadian apapun baik kerusakan maupun korban.

Disampaikan pula bahwa kondisi air laut terlihat masih dalam keadaan stabil dan tenang.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com