Gempa Meksiko 19 September 2022 Berkekuatan 7,6 Magnitudo, Langit-langit Bangunan Runtuh Hingga Listrik Padam di 5 Negara Bagian

Rasanya mengerikan,”ujar Karina Suarez (37), salah satu warga yang berhasil mengevakuasi diri dari gedung tempat tinggalnya.

Tak hanya itu, USA Today juga mengatakan bahwa warga takut akan terjadi tsunami, usai beberapa dinding bangunan runtuh.

Hal ini tida mengejutkan, mengingat 10.000 orang tewas dalam gempa berkekuatan 8 Magnitudo di dekat Kota Meksiko pada 1985, serta 370 orang tewas dan bangunan rusak parah dalam gempa berkekuatan 7,1 Magnitudo di negara bagian Puebla dan Morelos, Meksiko pada 2017.

Dampak kedua datang dari segi infrastruktur. Pukul 13.05 waktu setempat, U.S Geological Survey mengatakan tidak ada laporan mengenai kerusakan besar akibat gempa.

BACA JUGA:  Gempa Dahsyat Fukushima Maret 2022, Cari Tahu Alasan Jepang Sering Terjadi Gempa Bumi

Dalam Bloomberg, Gubernur Negara Bagian Jalisto mengatakan hal yang sama.

Sedangkan keadaan di ibukota yang dilaporkan Claudia Sheinbaum , Walikota Meksiko, menyampaikan di akun Twitter-nya bahwa tidak ada laporan kerusakan.

Sementara itu, Pemex, perusahaan minyak milik negara, juga melaporkan tidak ada kerusakan pada instalasinya.

Di sisi lain, Departemen Keamanan Publik Michoacan mengatakan adanya keretakan pada beberapa bangunan di Kota Coalcoman, namun tidak ada bahaya signifikan lainnya.

Laura menambahkan, rumah-rumah di Manzanillo mengalami kerusakan struktural dan dua rumah sakit yang terkena dampak gempa masih dalam tahap pengecekan kerusakan.

Selain itu, warga-warga yang berada pada bangunan yang terletak di pusat kota dan kawasan bisnis sepanjang jalan Reforma Mexico City pun dievakuasi.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com