Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Jam Berapa? Berikut Jadwal Lengkap dan Wilayah yang Bisa Menyaksikan

HARIANE – Gerhana Bulan Total 8 November 2022 jam berapa? Bagi yang penasaran ingin melihat peristiwa yang cukup langka ini bisa lihat jadwalnya di sini.

Gerhana Bulan Total 8 November 2022 jam berapa akan berbeda untuk setiap wilayah yang ada di Indonesia, bahkan ada beberapa daerah yang tidak bisa mendapatkan penampakan gerhana Bulan saat memasuki masa puncaknya.

Soal waktu Gerhana Bulan Total 8 November 2022 jam berapa proses tertutupnya bulan oleh Bumi ini akan dimulai sejak pukul 15.02 WIB, namun sayang belum bisa terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan Total 8 November 2022 akan berlangsung selama 1 jam 24 menit 58 detik bisa disaksikan dengan mata telanjang atau menggunakan alat teleskop.

BACA JUGA:  Apa Pengertian dari Sholat Khusuf ? yang Akan Dilaksanakan 8 November 2022 di Beberapa Kota

Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Jam Berapa? Ini Dia Jadwal dan Daerah yang Bisa Mendapatkan Penampakan Fenomena Astonomi Langka Ini

gerhana bulan total 8 november 2022 jam berapa
Gerhana Bulan Total terjadi karena Bulan yang masuk ke umbra Bumi sehingga terbentuk garis lurus dengan Matahari. (Foto: Freepik/brgfx)

Dilansir dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Gerhana Bulan Total adalah fenomena ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti atau umbra Bumi, sehingga posisi antara Bulan, Bumi, dan Matahari menjadi satu garis lurus.

Gerhana Bulan Total ini cukup langka di Indonesia karena tidak setiap tahun peristiwa astronomis ini bisa terlihat pemandangannya di wilayah Indonesia, baik sebagian maupun seluruh daerah.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.