Gua Langse, Obyek Wisata di Jogja yang Memacu Adrenalin

Gua Langse, obyek wisata di Jogja  yang memacu Adrenalin ini mungkin belum banyak didengar. Tapi Keindahan destinasi wisata ini pasti bisa membuat pengunjung ketagihan. 

hariane.com – Gua Langse yang terletak sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Pantai Parangtritis ini mungkin belum begitu populer. Namun, sebenarnya sangat terkenal bagi sebagian kalangan. Bukan hanya karena keindahannya, tapi juga karena nilai historis (mistis) dan sajian petualangan yang pastinya akan memacu adrenalin pengunjung.

Goa Langse terletak di Desa Girirejo, Panggang, Gunung Kidul, Jogja. Dari Pantai Parangtritis, waktu yang dibutuhkan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil sekitar 70 menit.

Lamanya waktu tempuh ini bukan dikarenakan letaknya yang berjauhan dengan Pantai Parangtritis. Melainkan karena rutenya memang agak melingkar dan medan yang dilalui memang cukup sulit.

BACA JUGA: Museum Terbuka Bakalan Cangkring, Destinasi Wisata Lereng Merapi

Meski sebagian besar ruas jalan sudah dihaluskan dengan aspal atau cor blok, bentuknya yang berkelok-kelok dan naik turun menuntut pengendara harus berhati-hati.

Setelah melalui perjalanan dengan medan yang cukup berat sejauh 3 kilometer, pengunjung harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki melalui hutan rakyat dengan jarak sekitar 500 meter. Sementara kendaraan harus diparkir di pos penjagaan. Di Pos ini, pengunjung harus mengisi data diri dengan lengkap, termasuk alamat rumah untuk alasan keamanan.

“Sepanjang perjalanan, kita bisa melihat beraneka ragam jenis bunga yang tumbuh liar. Sehingga perjalanan tidak akan terasa melelahkan,” ujar pengunjung Gua Langse saat mengunjungi destinasi wisata di Jogja tersebut.

Obyek Wisata di Jogja yang Memacu Adrenalin di Bawah Jurang Terjal

Setelah melintasi hutan rakyat, pengunjung harus menghadapi uji nyali untuk bisa masuk ke Gua Langse. Di penghujung jalan setapak, di balik sebongkah batu hitam yang menyerupai pintu gerbang raksasa, menanti tebing dengan ketinggian sekitar 400 meter. Sementara kecuramannya beragam, antara 40-90 derajat.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com