Jalan Gambiran Tidak Boleh untuk Parkir On Street, Ini Alasannya

HARIANE – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menghimbau warga bahwa Jalan Gambiran tidak boleh untuk parkir On Street.

Jalan Gambiran tidak boleh untuk parkir On Street disosialisasikan sebelumnya oleh Pemerintah Kota Yogyakarta namun petugas masih menemukan kendaraan yang parkir disana.

Imbauan Jalan Gambiran tidak boleh untuk parkir On Street disampaikan oleh Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz dilansir dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta.

BACA JUGA:  Event Yogyakarta September 2022, Bakal Ada Penampilan Keroncong Plesiran Vol.6

BACA ARTIKEL TERKAIT: Jalan Gambiran Tidak Boleh untuk Parkir On Street

Alasan Jalan Gambiran Tidak Boleh untuk Parkir On Street

Adapun alasan dari kebijakan ini adalah jalan tersebut hanya memiliki lebar 4,5 hingga 5 meter sehingga tidak memungkinkan untuk parkir di badan jalan (On Street).

“Karena lebar Jalan Gambiran sempit tidak memungkinkan untuk penyediaan parkir kendaraan On Street atau badan jalan,” ujar Aziz.

Selain itu pada Jalan Gambiran telah diberlakukan arus lalu lintas satu arah sejak 30 Agustus 2022 untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Namun banyaknya kendaraan yang parkir membuat aktivitas lalu lintas terganggu.

Aziz juga menyebut selama ini tidak ada izin untuk parkir di Jalan Gambiran terutama di badan jalan. Dinas Perhubungan tidak pernah mengizinkan parkir tepi jalan umum di Jalan Gambiran dari awal sebelum diberlakukan satu arah.

Begitu pula saat diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah mulai dari simpang SPBU Gambiran sampai ke simpang tiga Jalan Pramuka, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga tidak akan mengeluarkan izin parkir tepi jalan umum (On Street) di Jalan Gambiran.