Jokowi: Tidak Ada Penghapusan Listrik Daya 450 VA, Simak Pernyataan Lengkapnya di Sini

HARIANE – Kabar penghapusan listrik daya 450 VA (Volt Ampere) oleh PT PLN Persero dibantah secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pernyataan tidak adanya penghapusan listrik daya 450 VA disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai meresmikan Jalan Tol Cibitung – Cilincing pada Selasa, 20 September 2022 di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Wacana penghapusan listrik daya 450 VA sebelumnya dikaji oleh Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan menyebabkan keresahan di masyarakat.

Pemberitaan mengenai penghapusan listrik daya 450 VA dan mengalihkannya ke daya 900 VA pertama kali muncul saat Rapat Kerja Pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI mengenai Asumsi Dasar, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan dalam Rangka Pembahasan RUU APBN TA 2023, pada Senin, 12 September 2022.

BACA JUGA:  Bantuan Sambungan Listrik PLN Hingga Rp 18,6 Miliar Disalurkan untuk 18 Ribu Keluarga

Menanggapi keresahan masyarakat, Presiden Joko Widodo memastikan langsung bahwa pemerintah tidak akan melakukan penghapusan listrik daya 450 VA atau melakukan pengalihan golongan pelanggan dari 450 VA ke 900 VA.

“Tidak ada penghapusan untuk yang 450 VA, tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA. Tidak ada! Enggak pernah kita berbicara mengenai itu,” pernyataan Presiden Joko Widodo dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Selain itu, PT PLN (Persero) juga memastikan bahwa pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 3.500 VA serta pengelola bisnis dan industri tidak mengalami perubahan tarif.