Kabupaten Kapuas Jadi Tujuan Transmigran yang Diberangkatkan Pemkot Jogja, Begini Alasannya

HARIANE.JOGJA – Sebanyak lima kepala keluarga diberangkatkan transmigrasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta ke Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Pemberangkatan yang dilakukan pada pertengahan Desember 2021 ini sempat tertunda karena kebijakan pandemi.

Semua peserta itu adalah calon transmigran yang seharunya diberangkatkan pada tahun 2020 yang lalu namun tertunjad karena kebijakan Pemerintah Pusat tidak memberangkatkan transmigran selama pandemi.

BACA JUGA:  Wisatawan Tenggelam di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, 1 Orang Masih dalam Pencarian

Dijelaskan bahwa lima KK tersebut membawa seluruh keluarga inti, sehingga secara keseluruhan terdapat 16 jiwa yang diberangkatkan.

Kepala Seksi Penempatan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Sunarto menjelaskan bahwa seluruh transmigran sudah berada di lokasi tujuan.

“Lokasinya di kawasan transmigrasi di Desa Dadahup Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,” sebutnya dikutip dari laman Pemkot Jogja.

Lebih lanjut, Sunarto menjelaskan peserta transmigrasi mendapatkan 1 unit rumah, lahan seluas 2 hektare untuk diolah, alat- alat pertanian dan jaminan hidup berupa bahan pokok selama 1,5 tahun dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:  Hore! Pemkot Jogja Gelontorkan Bansos Rp 177 Juta, Ini Penerimanya

Termasuk pelatihan- pelatihan pertanian yang disesuaikan dengan kondisi tanah di sana. Sebelum diberangkatkan Pemkot Yogyakarta juga memberikan pelatihan pertanian, perkebunan, dan perikana.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com