Kemenhub Sosialisasikan Manfaat Kendaraan Listrik, Bisa Lebih Hemat 75 Persen

HARIANE – Kemenhub melalui acara Electric Vechile Funday sosialisasikan manfaat kendaraan listrik Minggu, 20 November 2022.

Dalam acara tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan kelebihan dan manfaat kendaraan listrik dibanding kendaraan beremisi.

Melansir dari laman Kemenhub berikut manfaat kendaraan listrik yang sebaiknya diketahui,

BACA JUGA:  5 Mobil Listrik Murah di Indonesia, Benarkah Lebih Hemat dari Mobil BBM?

1. Lebih Ramah Lingkungan

Kendaraan listrik diketahui lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Dengan menggunakan kendaraan listrik dapat membantu mengurangi tingkat polusi udara terutama di daerah ibu kota.

Selain itu kendaraan listrik juga tidak menghasilkan suara bising yang mengganggu sehingga meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

2. Manfaat Kendaraan Listrik yang Utama adalah Lebih Hemat

Menhub Budi menyebutkan penggunaan kendaraan listrik lebih hemat dibanding kendaraan konvensional jika dilihat dari kebutuhan bahan bakarnya. 

“Saat ini sudah banyak kendaraan listrik yang bentuknya keren, energi bersihramah lingkungan, dan lebih irit dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM). Secara keseharian, bisa lebih irit 75 persen dalam sehari dibandingkan dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp. 100 ribu sehari, ini Rp. 25 ribu saja sudah cukup,” ujar Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Ditjen Perhubungan Darat melakukan perhitungan dan menemukan bahwa satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik. Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik sekitar Rp 1.700. 

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com