Kota Jogja Raih Kota Terinovatif Versi Kemendagri, Berikut Inovasi Unggulannya

HARIANE.JOGJA – Dalam Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 yang digelar pada Rabu, 29 Desember 2021, Kota Yogyakarta mendapatkan pengrahaan sebagai kota terinovatif.

Dimana penghargaan IGA diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Dikutip dari laman Pemkot Jogja, Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono menyebbut bahwa penghargaan itu akan menggairahkan dan meningkatkan inovasi dari aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemkot Jogja.

BACA JUGA:  Hore! Pemkot Jogja Gelontorkan Bansos Rp 177 Juta, Ini Penerimanya

“Makanya penghargaan ini bagaimana berkreasi dan membuat terobosan serta hasil inovasi dapat digunakan sebagai salah satu pemecahan masalah di Kota Yogyakarta,” sebutnya usai menghadiri IGA secara daring di Balaikota.

Dijelaskannya, inovasi unggulan Kota Yogyakarta yaitu pelayanan publik secara digital melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan gerakan Gandeng Gendong.

Terutama dalam merespon masa pandemi Covid-19 dalam melayani masyarakat dan gerakan Gandeng Gendong dengan melibatkan lima elemen yaitu kota, kampung, kampus, korporasi dan komunitas.

“JSS dan Gandeng Gendong adalah inovasi yang berkelanjutan dan selalu diperbarui sejak diluncurkan tahun 2018,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Vaksinasi Capai 100 Persen, Pemkot Bandung Terapkan Skema Pengetatan Saat Nataru

Sebelumnya Wakil Walikota Yogyakarta. Heroe Poerwadi menyampaikan inovasi Pemkot Yogyakarta pada tahun 2020-2021 sebagian besar adalah adalah merespon kondisi pandemi dan bagaimana beradaptasi untuk pemulihan sosial dan ekonomi.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com