Sosialisasi KPU Bantul Soal Peran Kaum Disabilitas Pemilu 2024 Termasuk Jadi Wakil Rakyat

HARIANEKPU Bantul mengadakan sosialisasi peran kaum disabilitas Pemilu 2024 pada Jumat, 9 Desember 2022 di Ross in Hotel, Kabupaten Bantul.

Peran kaum disabilitas Pemilu 2024 disosialisasikan agar angka partisipasi pada pemilihan umum nantinya semakin tinggi, khususnya untuk di wilayah Kabupaten Bantul.

Disebutkan oleh KPU Bantul bahwa peran kaum disabilitas Pemilu 2024 tidak hanya dalam konteks menjadi pemilih saja namun juga memiliki hak untuk menjadi calon wakil rakyat yang dipilih.

Hak-hak dan peran kaum disabilitas dalam pemilu dijamin oleh Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 5.

BACA JUGA:  Suporter Qatar Balas Protes Jerman di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Lakukan Hal Ini Selama Pertandingan Jerman vs Spanyol

Sosialisasi KPU Bantul untuk Peran Kaum Disabilitas Pemilu 2024 Demi Mewujudkan Pemilu Akses

Peran kaum disabilitas Pemilu 2024
Kaum disabilitas pun punya hak yang sama untuk berpartisipasi politik. (Foto: Freepik/freepik)

Dalam acara sosialisasi yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul tersebut, juga hadir perwakilan dari Masyarakat Peduli Penyandang Disabilitas (MPPD), Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI), Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN), dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI).

Tujuan dari diadakannya sosialisasi yang diisi Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Bantul, Musnif Istiqomah sebagai narasumber adalah untuk menekankan keberpihakan KPU terhadap partisipasi kaum disabilitas melalui pemilu akses.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com