KTT G20 Resmi Berakhir, Hasilkan Deklarasi Bersama dan Serahkan Presidensi Selanjutnya ke India

HARIANE – KTT G20 resmi berakhir setelah melewati rangkaian presidensi selama dua hari di Bali mulai dari 15-16 November 2022.

Selama dua hari KTT di Bali, Presiden Jokowi melakukan rangkaian kegiatan bersama para pemimpin G20, organisasi internasional, dan tamu undangan lainnya. Hingga pada Rabu, 16 November 2022, KTT G20 resmi berakhir.

KTT G20 resmi berakhir dengan ucapan penutup yang disampaikan oleh Presiden RI, Jokowi.

Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup,” kata Presiden menutup rangkaian KTT yang berlangsung di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11/2022).

BACA JUGA:  Apa itu G20 dan Mana Saja Negara yang Menjadi Bagiannya?

KTT G20 Resmi Berakhir

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, dalam penutupan KTT G20, Presiden Jokowi secara resmi menyerahkan tongkat ke presidensi G20 kepada India sebagai pemegang presidensi G20 selanjutnya.

G20 berikutnya yang dipimpin oleh India diyakini Jokowi akan terus bergerak ke depan untuk mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif.

KTT G20 resmi berakhir
(Dok: Sekretariat Kabinet RI)

Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika tahun depan Indonesia siap mendukung kesuksesan presidensi G20 India, dan saya juga meminta kepada semua pimpinan yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” ujarnya.

Kemudian, Presidensi G20 Indonesia juga telah menghasilkan deklarasi bersama yang dinamai “G20 Bali Leaders’ Declaration”.

Kepemimpinan Indonesia telah berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20, G20 Bali Leaders’ Declaration yang awalnya diragukan oleh banyak pihak,” pungkas Jokowi.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com