Lawan Vietnam, Indonesia Akan Belajar dari Kekalahan Malaysia

hariane.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong yakin pasukan garuda mampu meraih poin dalam laga Indonesia vs Vietnam malam nanti, 15 Desember 2021. Timnya tidak akan seperti Malaysia yang takut dengan Vietnam.

Menurut Shin Tae-yong, Malaysia terlalu sungkan menghadapi Vietnam. Alih-alih keluar menyerang, Malaysia justru lebih fokus bertahan dan berujung kekalahan 0-3.

“Malaysia terlalu menaruh hormat pada Vietnam. Tapi pemain muda kita sudah mempersiapkan diri. Saya berpesan agar pemain tidak takut dan bekerja keras agar mendapat hasil maksimal,” ujarnya dikutip hariane.com dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA: Kontroversi Drawing Liga Champion Akankah Diulang?

Meski memiliki poin sama, dan memimpin klasemen sementara grup b di ajang AFF Suzuki Cup 2020, Indonesia dan Vietnam memiliki gaya permainan yang berbeda. Karena itu, statistik pertandingan tidak menjadi begitu penting.

Meski menjadi tim paling produktif dalam membobol gawang lawan, catatan statistik Evan Dimas dan kawan-kawan kurang baik di dua laga awal. Hal ini jauh berbeda dengan Vietnam yang mampu mengalahkan Laos dan Malaysia dengan dominan.

BACA JUGA: AFF Suzuki Cup 2020 Tekuk Laos 5-1, Indonesia Pimpin Klasemen Grup B

“Gaya permainan (antara Indonesia dengan Vietnam) memang beda. Kadang performa kita naik turun. Saat lawan Kamboja, kami lebih baik di babak pertama. Tapi saat lawan Laos, babak kedua justru lebih baik,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Laga ini merupakan ujian sesungguhnya untuk melihat kualitas dan mentalitas Timnas Indonesia. Jika Kamboja dan Laos adalah tim lemah di grup B, Vietnam adalah tim tertangguh yang menjuarai turnamen dua tahunan ini pada 2018 lalu.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com