Libur Natal dan Tahun Baru, Seluruh Alun-alun Jogja Ditutup

hariane.com – Seluruh alum-alun Jogja ditutup selama liburan natal dan tahun baru. Penutupan ini dilakukan sebagai upaya pencegahaan klaster baru  penularan Covid-19 di kota Budaya tersebut.

Alun-alun merupakan salah satu destinasi favorit untuk nongkrong melewati malam hari di Jogja. Volume pengunjung biasanya akan meningkat pada saat masa liburan seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan.

Penutupan seluruh alun-alun di Jogja akan mulai dilakukan sehari sebelum perayaan natal, yakini 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 atau sehari setelah perayaan tahun baru. Disertai rekayasa pengaturan jarak pedagang kaki lima.

Dengan ditutupnya alun-alun, bisa dikatakan masyarakat dilarang merayakan malam pergantian tahun dengan pesta kembang api di tempat umum. Tak hanya itu, dalam perayaan tahun baru, masyarakat juga diimbau agar merayakan bersama keluarga  saja.

BACA JUGA : Museum Terbuka Bakalan Cangkring, Destinasi Wisata Lereng Merapi

“Jangan membuat kerumunan serta dilarang pawai dan arak-arakan dan memaksimalkan Peduli Lindungi,” kata Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Imam Pratanadi.

Selain alun-alun, Pemda Yogyakarta juga akan mengatur kunjungan wisata dengan menerapkan ganjil genap dan prokes ketat menuju obyek wisata. Nantinya, akan ada satgas yang mengawasi perayaan dengan kerumunan dan menghimbau untuk mengurangi penggunaan pengeras suara.

Sementara untuk Mall dan pusat perbelanjaan, diimbau untuk tidak mengadakan event perayaan natal dan tahun baru kecuali pameran hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jam operasional mall juga akan dibatasi antara 09.00-22.00 WIB.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com