Viral Masjid Al Jabbar Jadi Kolam dan Banyak Sampah, Begini Imbauan dari Ridwal Kamil

HARIANE – Berita mengenai Masjid Al Jabbar jadi kolam dan banyak sampah banyak dibicarakan oleh masyarakat. Masjid Al Jabbar adalah sebuah masjid yang berada di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat yang diresmikan pada 30 Desember 2022 oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Belum lama sejak peresmiannya, Masjid Al Jabbar jadi kolam dan banyak sampah. Peristiwa ini terjadi karena banyaknya masyarakat yang kurang menjaga kebersihan selama mendatangi lokasi tersebut.

Potret Masjid Al Jabbar jadi kolam dan banyak sampah pada 2 Januari 2023 ini viral di media sosial dan menuai banyak kritikan.

Sebanyak 1,9 ton sampah ditemukan di lokasi masjid yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare ini. Tak hanya itu, kolam yang berada di lingkungan masjid dijadikan tempat berenang oleh pengunjung yang membawa anak kecil.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Terapkan Jadwal Kunjungan Masjid Al Jabbar: Demi Kenyamanan Masyarakat

Menanggapi berita tersebut, Gubernur Ridwan Kamil segera memberikan imbauan kepada pengunjung yang mendatangi Masjid Al Jabbar melalui laman resmi Provinsi Jawa Barat.

“Jadi silahkan datang dan memakmurkan Al Jabbar, tetapi tolong ikut menjaga juga kebersihannya. Ini tanggung jawab kita bersama. Silahkan ber-selfie menikmati keindahan, tapi sampah buang pada tempatnya,” pernyataan Ridwan Kamil melalui laman Portal Jabar Prov.

Ridwan Kamil juga mengingatkan masyarakat bahwa dalam agama Islam menjaga kebersihan sebagian dari iman.

Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat segera menyelesaikan permasalahan Masjid Al Jabbar jadi kolam dan banyak sampah dengan menempatkan tempat sampah terpilah di 30 titik di sekeliling Masjid, pengangkutan sampah ke tempat penampungan, penyisiran serta pemilahan sampah.

BACA JUGA:  Masjid Al Jabbar Resmi Dibuka untuk Umum, Ini Pesan Ridwan Kamil

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com