Mengapa Hari Pahlawan 10 November Tidak Libur? Ini Alasannya

HARIANE – Hari Pahlawan 10 November 2022 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia.

Dilansir dari kanal Youtube Ruang Ketik, Hari Pahlawan 10 November 1945 terjadi pertempuran pertama rakyat Indonesia melawan sekutu usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan.

Selain itu pertempuran yang terjadi pada Hari Pahlawan 10 November 1945 dinilai sebagai pertempuran paling dahsyat dan terberat.

Pada masa itu, rakyat Indonesia melakukan perlawanan kepada tentara sekutu dengan senjata seadanya, termasuk bambu dan pisau.

Meskipun begitu ada banyak arek-arek Suroboyo yang berhasil membuat tentara sekutu rugi besar hingga membuat mereka enggan sebutkan kerugian yang dialami.

Meskipun begitu, ada banyak pula pahlawan Indonesia yang dinyatakan gugur dimedan pertempuran saat melawan sekutu.

Hingga tak heran jika akhirnya tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:  Download Logo Hari Pahlawan 2022 PDF, Lengkap dengan Template Design Banner dan Souvenir

Alasan Hari Pahlawan 10 November Tidak Libur

hari libur nasional dan cuti bersama 2023
Inilah daftar hari libur nasional dan cuti bersama 2023. (Pexels/Olya Kobruseva)

Di Indonesia, biasanya hari besar keagamaan atau hari bersejarah untuk memperingati peristiwa penting akan diperingati dengan cara libur nasional.

Contoh hari besar keagamaan yang biasanya libur adalah Hari Natal, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, Hari Raya Nyepi dan lain sebagainya.

Contoh hari bersejarah untuk memperingati peristiwa penting di Indonesia antara lain Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus, Hari Lahir Pancasila ang diperingati setiapa 1 Juni dan lain sebagainya.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com