Bebek Milik Warga Sewon Bantul Nyaris Dimangsa Ular Sanca, Sempat Dengar Kegaduhan Usai Sholat Subuh

HARIANE – Ternak bebek milik Normalina Yuli Wulandari, warga Sewon Bantul nyaris dimangsa seekor ular sanca yang masuk ke pemukiman warga.

Saat diketahui Normalina, ular sanca tersebut sedang berada di kandang bebek miliknya dan hendak memangsa hewan ternak dalam kandang tersebut.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan, mulanya Normalina mendengar suara gaduh usai melaksanakan sholat subuh. Ternyata sumber dari kegaduhan tersebut berasal dari kandang bebek miliknya dimana terdapat seekor ular sanca yang tengah bersembunyi.

Mengetahui hal tersebut Normalina melapor ke BPBD Bantul untuk dilakukan penanganan. Usai mendapatkan laporan tersebut, sejumlah personel Damkarmat pun diterjunkan untuk mengevakuasi ular sanca.

BACA JUGA:  Update Pasca Gempa Cianjur Hari ini, 17 Orang Meninggal dan Sejumlah Bangunan Rusak Parah

“Setelah menerima laporan kita langsung menerjunkan lima personel Damkarmat untuk melakukan evakuasi ular sanca dengan peralatan sarung tangan, alat penangkap ular, dan kantong goni,” katanya, Rabu 18 Januari 2023.

Disampaikan olehnya, ular tersebut memiliki panjang kurang lebih lima meter. Proses evakuasi pun berjalan dengan lancar karena ular sanca termasuk ular yang tidak berbisa.

“Proses evakuasi ular berlangsung cepat. Meski melakukan perlawanan, petugas tidak mengalami kesulitan sama sekali,” terangnya.

Setelah melakukan evakuasi, ular tersebut kemudian akan diserahkan kepada pecinta satwa untuk kemudian dilepaskan ke habitat aslinya.

Irawan menambahkan, selama awal tahun ini pihaknya sudah melakukan evakuasi satwa sebanyak 10 kali. Terbanyak adalah hewan ular yaitu delapan ekor dan evakuasi biawak dua ekor.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com