Pandemi Covid-19: UMKM Harus Terus Berinovasi dan Makin Sadar Teknologi

hariane.com – Pandemi Covid-19 menjadi pukulan bagi perekonomian masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun demikian, pandemi sebenarnya juga membuka peluang pemasaran baru terutama bagi yang sadar dengan pentingnya kehadiran teknologi.

Melihat peluang tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mendorong agar pelaku UMKM agar berani menjawab tantangan ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi semaksimal mungkin.

Menurutnya, kemajuan teknologi saat ini memungkinkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan aksesibilitas. Baik dalam pemasaran maupun perolehan bahan baku produksi/usaha.

BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun, Semoga Bisa Segera ke Sekolah

Tak hanya itu, dengan informasi yang melimpah saat ini, UMKM harus memanfaatkannya untuk membuat inovasi baru dalam sistem produksi.

“Kita harus berani Go Digital dan meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan produk-produk asing yang saat ini telah membanjiri e-commerce Indonesia,” kata Kustini kepada pelaku UMKM di Kabupaten Sleman.

Kustini yakin,  pelaku UMKM di Kabupaten Sleman mampu menghadapi tantangan ini. Sebab, sejauh ini sudah banyak pelaku UMKM yang terbukti mampu adaptasi dengan keberadaan ekonomi digital, terutama untuk membuka peluang memasarkan produk- produknya.

“Di masa seperti ini, yang dibutuhkan adalah kejelian dalam mengenali kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran,” ujarnya.

Karena menurutnya, tak jarang ia menjumpai produk UMKM lokal yang berkualitas baik dan memiliki nilai jual tinggi, namun pemasarannya belum optimal karena keterbatasan dalam mengakses pasar.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com