Pemutihan Pajak Kendaraan di Jateng 2022, Berikut Jadwal dan Berkas yang Harus Disiapkan

Beserta bukti hasil cek fisik gesek nomor rangka dan nomor mesin khusus bayar pajak motor 5 tahun atau ganti plat nomor.

Tujuan Hadirnya Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Jateng 2022

Dilansir dari laman ntmcpolri, program pemutihan pajak ini ditujukan untuk mendorong para wajib pajak agar melakukan pembayaran pajak karena adanya penghapusan sanksi. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda Jateng Peni Rahayu menyebutkan bahwa pemutihan pajak kendaraan bermotor dan pembebasan BBNKB II diterapkan menyusul masih banyaknya pemilik kendaraan yang belum membayar pajak. 

Sementara, kebijakan pemerintah untuk menghapus registrasi kendaraan yang tidak membayar pajak selama dua tahun akan segera diberlakukan sesuai pasal 74 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ).

Berdasarkan data Bapenda Jateng terdapat sekitar 1.475.205 unit kendaraan bermotor di Jateng yang pajak tahunannya belum dibayarkan. 

Jutaan kendaraan bermotor tersebut terancam menjadi kendaraan bodong, jika tahun ini tidak segera mengurus pajaknya.

Jika ditotalkan, nilai tunggakan pajak kendaraan bermotor di Jateng saat ini mencapai Rp 858.276.761.819.

BACA JUGA:  Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat Mulai 1 Juli 2022, Ketahui Syarat dan Mekanisme Pembayarannya

Sehingga program pemutihan pajak kendaraan di Jateng 2022 ini menjadi waktu yang tepat untuk para wajib pajak yang belum melakukan pembayaran pajak selama beberapa tahun.****

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com