Pendaftaran DTKS Jakarta Tahap 4 Dibuka Mulai 15 November 2022, Berguna untuk Mendapat Berbagai Bansos

HARIANE – Pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 periode tahun 2022 kembali dibuka mulai tanggal 15 November hingga 15 Desember 2022.

Bagi warga Jakarta yang hendak melakukan pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 tidak perlu membuat akun baru jika sebelumnya sudah pernah membuat akun DTKS.

Pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat yang menerima untuk mengajukan diri menerima bantuan sosial dari pemerintah, maupun layanan sosial pemerintah lainnya.

Program DTKS wilayah Jakarta ini hanya terbuka untuk warga pemegang KTP Jakarta dan tergolong warga miskin.

BACA JUGA:  Inilah Keputusan Akhir Kasus Timbunan Beras Bansos di Depok 2022, Benarkah Tidak Ditemukan Unsur Pidana?

Cara dan Syarat Pendaftaran DTKS Jakarta Tahap 4 November – Desember

Pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4
DTKS Jakarta bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam manfaat bantuan sosial. (Foto: Youtube/Kemensos RI)

Apa itu DTKS? DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) adalah data induk yang menyimpan data-data masyarakat yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, dan juga potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Fungsi dari DTKS pada intinya adalah memudahkan penyaluran bantuan-bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Beberapa jenis bansos atau bantuan sosial yang data penerimanya mengacu pada DTKS antara lain adalah BLT (Bantuang Langsung Tunai), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran DTKS Jakarta tahap 4 selama satu bulan mulai 15 November hingga 15 Desember 2022.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.