Pengertian Rebo Wekasan : Amalan yang Dianjurkan serta Peristiwa Penting di Bulan Safar

HARIANE – Rebo wekasan adalah hari rabu terakhir di bulan Shafar. Shafar adalah bulan kedua dalam sistem kalender Hijriyah.

Di tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 21 September 2022. Biasanya hari Rabu terakhir bulan Shafar ini jatuh di tanggal yang berbeda tiap tahunnya.

Bagi umat Islam, Rebo Wekasan dipercayai sebagai hari dimana Allah menurunkan bala untuk pertama kalinya di muka bumi.

Amalan saat Rebo Wekasan

Dilansir dari laman resmi NU Online, pernyataan mengenai Allah menurunkan bala’ musibah tertulis dalam kitab Kanzun Najah was-Surur fi Fadhail al-Azminah ash-Shuhur karya Abdul Hamid Quds.

Tak heran jika akhirnya banyak umat muslim yang melaksanakan amalan tertentu di hari Rabu terakhir bulan Shafar tersebut dengan harapan mendapatkan perlindungan serta mendekatkan diri pada Allah.

Beberapa amalan yang dianjurkan yaitu melaksanakan shalat sunnah, banyak berdzikir kepada Allah, membaca alquran serta bersedekah.

BACA JUGA:  Inilah 7 Kejadian Luar Biasa 10 Muharram yang Terjadi pada Nabi dan Rasul

Namun perlu diingat lagi, semua amalan tersebut tidak boleh diniati sebagai upaya untuk menolak balak atau amalan Rebo Wekasan, namun dilakukan untuk mendapatkan ridho Allah.

Sebagai tambahan, anggapan bahwa bulan Shafar adalah bulan yang membawa sial ternyata sudah terjadi sejak jaman jahiliyah.

Sehingga dalam kitab Mandzumah Syarh al-Atsar fi ma Warada ‘an Syahri Safar, Habib Abu Bakar al-‘Adni menjelaskan bahwa Rasulullah berusaha untuk menggugurkan anggapan negatif terhadap bulan Shafar dengan banyak melakukan amal baik.