Penyebaran Omicron XBB Diprediksi Melonjak pada Akhir 2022, Capai 20 Ribu Kasus Per Hari

HARIANE – Indonesia tengah mengalami berbagai konflik dalam dunia kesehatan, termasuk penyebaran Covid-19 varian Omicron XBB melonjak yang menyebabkan seluruh wilayah RI kembali menerapkan PPKM level 1.

Penyebaran Omicron XBB yang diprediksi akan melonjak ini menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah mengingat tingkat penularannya dikatakan lebih cepat 1,7 kali dari subvarian Omicron lainnya.

Informasi mengenai penyebaran Omicron XBB akan melonjak disampaikan oleh Menkes saat rapat bersama Komisi IX DPR RI pada Kamis, 10 November 2022.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak gelombang penyebaran Omicron XBB akan terjadi pada akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 yang akan mencapai 20 ribu kasus perhari.

Penyebaran Omicron XBB

penyebaran Omicron XBB
Menkes Budi prediksi tingkat penyebaran Omicron XBB melonjak. (Foto: PMJ News)

BACA JUGA:  Seluruh Wilayah RI PPKM Level 1 Akibat Penyebaran Covid Varian XBB, Benarkah Penularannya 1,7 kali Lebih Cepat?

Dilansir dari laman PMJ News, Budi mengatakan akan adanya pelonjakan kasus pada akhir tahun jika merujuk kepada kasus serupa yang kini tengah dihadapi oleh Singapura.

Kalau mengikuti pola Singapura harusnya dalam satu bulan kedepan ini akan naik mendekati 20 ribu perhari,” ungkapnya.

Sebelumya, Kemenkes RI telah melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan sejak kasus omicron XBB pertama kali terdengar di Indonesia.

Aturan-aturan tersebut juga termasuk menetapkan seluruh wilayah Ri menjadi PPKM level 1 mulai dari 8 – 21 November 2022.

Subvarian omicron yang penyebarannya dikatakan lebih cepat 1,7 ini menjadi perhatian khusus Kemenkes selain kasus gagal ginjal akut yang merenggut nyawa ratusan anak sejak beberapa bulan terakhir.

Penanggulangan Penyebaran Omicron XBB

Melalui akun Twitter-nya, Kemenkes menghimbau masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mencegah penyebaran untuk mengurangi angka kasus Covid-19 yang akhir-akhir ini kembali meningkat.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.