Penyesuaian Tarif PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Terbaru 2022, Naik atau Turun?

HARIANE – Penyesuaian tarif PDAM Tirta Bhagasasi disosialisasikan pada Rabu, 31 Agustus 2022 di Cikarang Selatan.

Melansir dari laman Kabupaten Bekasi penyesuaian tarif PDAM Tirta Bhagasasi ini berlaku untuk kategori rumah tangga besar dan mewah.

Penyesuaian tarif PDAM Tirta Bhagasasi tersebut diatur dalam keputusan bersama Bupati Bekasi dan Wali Kota Bekasi Nomor HK 02 02/Kep 386-rek/2022 dan Nomor 539/Kepber.02-EkVIV2022.

BACA JUGA:  Sumber Mata Air PDAM Tirtamarta yang Jernih, Pj Walikota Jogja Minum Langsung Air Umbul Wadon dan Lanang

Kedua keputusan tersebut mengatur tentang Tarf Air Minum Rumah Tangga Mewah dan Tarif Progresif di Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang diresmikan sejak tanggal 15 Agustus 2022.

Direktur PDAM Tirta Bhagasasi mengungkapkan keputusan dilakukannya penyesuaian tarif ini bertujuan untuk reklasifikasi golongan pelanggan karena saat ini masih banyak yang berada di golongan yang salah.

Selain itu penyesuaian tarif PDAM Tirta Bhagasasi dipertimbangkan dengan tarif listrik industri yang juga mengalami kenaikan sebesar 8,5 persen serta naiknya harga BBM.

Reklasifikasi atau penyesuaian tarif PDAM Tirta Bhagasasi baru dimulai pemakaian bulan September 2022 atau pembayaran Oktober 2022.

Golongan yang akan direklasifikasi adalah golongan rumah tangga besar dan mewah yang semula masuk golongan rumah tangga 3 atau 2C menjadi golongan 4 atau 2D, seperti Perumahan Kemang Pratama, Villa Taman Kartini, dan perumahan real estate lainnya.

Sedangkan untuk golongan 2C dengan pemakaian 0 hingga 10 meter kubik tidak ada perubahan. Untuk pemakaian lebih dari 21 meter kubik akan ditetapkan tarif progresif.