Permainan Masa Kecil yang Sudah Jarang Dimainkan Anak-Anak

Perkembangan zaman yang semakin canggih dan maju memang memberikan nilai positif. Ada banyak macam teknologi yang diciptakan dan membantu pekerjaan manusia. Bahkan saat ini perkembangan teknologi sudah berpengaruh pada permainan anak-anak. Penemuan internet dan beragam gawai bisa memberikan hiburan bagi setiap lapisan masyarakat. Termasuk anak-anak yang sekarang ini gemar bermain permainan online. Bahkan anak-anak zaman sekarang sudah menonton YouTube. Banyak orang tua yang memberikan gawai pada anak supaya mereka tidak menangis atau merengek-rengek. Namun jika durasi waktu bermain gawai terlalu lama. Hal ini tentunya tidak baik untuk si anak. Apalagi anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan.

5 Permainan Masa Kecil yang Terlupakan

Anak-anak zaman sekarang memang sangat bertolak dengan anak zaman dulu. Dimana anak-anak zaman dulu sering memainkan permainan tradisional. Biasanya sepulang sekolah, anak-anak berkumpul di lapangan dan bermain bersama. Sebelum tahun 2000 memang menjadi tahun dimana masih banyak anak-anak berkumpul dan bermain bersama. Untuk mengenang kembali permainan masa kecil, berikut ini ada beberapa jenis permainan masa kecil yang banyak dimainkan.

  1. Petak Umpet

Permainan ini bisa dilakukan dengan banyak orang. Semakin banyak orang yang ikut main, tentunya akan semakin seru. Aturan dalam permainan ini ada satu orang sebagai penjaga yang harus mencari pemain lain yang sedang bersembunyi. Si penjaga ini harus bisa menemukan semua pemain. Apabila tidak bisa maka si penjaga akan kalah dan harus mengulangi permainan. Untuk permainan ini bisa melatih kekuatan fisik serta ketangkasan dengan adu cepat.

  1. Lompat Tali

Pada permainan ini umumnya anak-anak perempuan yang andal saat memainkannya. Ini dikarenakan anak perempuan mempunyai badan lentur, jadi bisa melompat tanpa mengenai karet atau tali. Untuk permainan ini pun tidak hanya bisa dilakukan anak perempuan saja. Tetapi juga anak laki-laki. Cara mainnya adalah dua orang akan membentangkan karet dari rendah ke tinggi. Jika semua pemain bisa melompati karet atau tali ini maka akan ditinggikan sempai sekepalan diatas kepala. Apabila ada pemain yang tidak bisa melompat, maka salah satu pemain lain bisa membela dengan melakukan lompatan dengan berhasil.

  1. Gobak Sodor/Galasan

Untuk permainan ini dimainkan oleh 2 tim dengan minimal 3 orang di setiap tim. Salah satu tim ada yang bertindak sebagai penghadang dan tim lainnya harus bisa lolos dari hadangan tersebut. Jika salah satu penghadang berhasil mengenai target, maka posisi tim harus ditukar. Memang cukup melelahkan, namun permainan ini sangat seru. Apalagi membuat kita harus fokus, jangan sampai lengah dengan tim lainnya. Jika tidak fokus, maka kemenangan bisa diambil alih oleh tim lain.

  1. Engklek

Biasanya permainan ini dilakukan di lapangan dengan membuat kotak terlebih dulu dan di atasnya digambar gunung. Jika sudah selesai menggambar, selanjutnya satu per satu pemain melemparkan lempengan keramik atau pecahan genteng di kotak terendah. Selanjutnya pemain akan melompati satu per satu sampai kotak dibawah gambar gunung dan berbalik mengambil lempengan keramik atau genteng. Semua pemain harus mendapatkan giliran sampai melemparkan pada dalam gunung.

  1. Bola Bekel

Kemudian ada permainan bola bekel yang juga tidak alah menarik. Permainan ini dapat dimainkan dengan beberapa orang. Yakni dengan memainkan bola bekel beserta 4 biji. Biji-biji ini harus diambil dan dibalik satu per satu secara bertahap. Saat bola bekel memantul lebih dari satu kali, maka orang yang bermain dianggap kalah dan harus berhenti bermain. Untuk permainan ini memberikan tantangan dan melatih ketangkasan untuk para pemainnya.

HARIANE.COM memperkenankan konten (selain foto) digubah dan ditayangkan kembali dengan mencantumkan sumber dan link laman ini.