Persiapan Pengawasan Pemilu 2024 di Luar Negeri Dimulai Dilakukan, Bawaslu dan Kemenlu Lakukan Audiensi

HARIANE – Pemilu 2024 di luar negeri menjadi hal yang perlu dipersiapkan dengan matang sejauh jauh-jauh hari.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk suksesnya Pemilu 2024 di luar negeri yaitu dengan melakukan audiensi dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Lantas bagaimana hasil audiensi yang dilakukan Bawaslu dengan Kemenlu RI terkait dengan Pemilu 2024 di luar negeri? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Hasil Pertemuan Bawaslu dan Kemenlu Terkait Pemilu 2024 di Luar Negeri

Dilansir dari laman resmi Badan Pengawas Pemilihan Umum RI, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Tiga pimpinan Bawaslu turut hadir dalam pertemuan tersebut, yakni Lolly Suhenty, Puadi dan Herwyn JH Malonda serta La Bayoni selaku Deputi Dukungan Teknis.

Pertemuan yang terjadi pada Jumat, 2 September 2022 di kantor Kemlu RI, Jakarta tersebut membahas persiapan Pemilihan Umum yang akan terjadi tahun 2024 nanti.

Pemilu 2024 di Luar Negeri
Suasana audiensi antara Bawaslu dan Kemenlu RI saat membahas Pemilu 2024 di Luar Negeri. (Website/Bawaslu)

Rahmat Bagja mengungkapkan bahwa Pemilu 2024 di luar negeri tidaklah mudah. Apalagi mengingat berbagai peristiwa yang terjadi pada Pemilu tahun 2019 silam.

Rahmat Bagja berharap permasalahan yang terjadi di Kuala Lumpur, Hongkong dan wilayah lainnya pada Pemilu 2019 tak terjadi lagi.

Semoga saja masalah-masalah kemarin (Pemilu 2019) tak terulang lagi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Ketahui 6 Arahan Presiden Jokowi untuk Pemilu 2024