Petugas Kebersihan Wisma Atlet Jadi Kasus Pertama Omicron di Indonesia

hariane.com – Seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit (RS) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat berinisial N dinyatakan positif mengidap Covid-19 varian Omicron.

Kepastian kasus Omicron pertama di Indonesia ini diumumkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin melalui konferensi pers, Kamis 16 Desember 2021.

“Ada 1 pasien berinisial N yang terkonfirmasi Omicron pada Rabu,15 Desember 2021 kemarin. Dia adalah pekerja kebersihan di (RS) Wisma Atlet,” ungkap Budi.

BACA JUGA: Omicron Menyebar Sangat Cepat, Jangan Anggap Remeh

Terungkapnya kasus Omicron pertama di Indonesia ini, Menurut Budi, berawal dari tes sample rutin bagi petugas di Wisma Atlet. Hasil sample diambil pada 4 desember 2021, lalu dikirim ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada 10 Desember untuk tes Genom Squencing.

“Ada 3 orang yang positif (Covid-19) PCR, setelah dilakukan Genom Squencing, satu orang dinyatakan Omicron,” ujarnya.

Sementara 2 orang positif PCR lainnya, adalah kasus Covid-19 orang tanpa gejala (OTG). “Mereka tidak sakit, tidak batuk, tidak demam. Saat dilakukan tes pada 8 Desember 2021, mereka sudah negatif,” lanjutnya.

BACA JUGA: Anak-anak Sudah Bisa Ikut Vaksin Covid-19 Mulai Selasa 14 Desember

Lima Kasus Probable Omicron

Selain 1 kasus positif Omicron ini, Kemenkes RI juga mendeteksi 5 kasus kemungkinan Omicron. Dua orang di antaranya merupakan WNI yang baru pulang dari perjalanan internasional di Amerika dan Inggris.

“Yang tiga orang adalah WNA asal Tiongkok yang datang ke Madano. Saat ini mereka sudah dikarantina dan dilakukan tes SGTF (S-gene Target Failure) yang hasilnya akan keluar 3 hari ke depan,” ujarnya.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com