Profil Puan Maharani: Perempuan Pertama yang Menjabat Sebagai Ketua DPR RI

HARIANE – Profil Puan Maharani sebagai sosok perempuan yang aktif terlibat dalam perkembangan dunia politik Indonesia ini sudah sangat familiar di berbagai kalangan masyarakat.

Jika membahas seputar profil Puan Maharani, maka tidak bisa lepas dari sosoknya yang merupakan putri dari Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan.

Selain itu, profil Puan Maharani juga dikenal sebagai cucu dari Presiden pertama RI Soekarno dan putri Taufik Kiemas yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2009-2014.

Sehingga tidak mengherankan jika profil Puan Maharani pun akan sangat kental dengan dunia politik, baik itu sejak usia muda hingga saat ini yang menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019–2024.

BACA JUGA:  Kunjungan Kerja Puan Maharani Selama 2022 Sebagai Ketua DPR RI Menarik Perhatian Publik, Mulai dari Bertemu Petani Hingga Nelayan

Profil Puan Maharani

Profil Puan Maharani
Profil Puan Maharani. (Foto: DPR RI)

Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos merupakan seorang politikus sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia yang lahir di Jakarta, 6 September 1973.

Dilansir dari laman Kepustakaan Presiden, Puan Maharani pertama kali terjun dalam dunia politik pada saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) ketika ibunya Megawati mulai aktif kembali dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Saat itu, Megawati sering berkeliling Indonesia dan Puan Maharani mulai menyaksikan bagaimana seorang politisi bekerja dari ibunya.

Riwayat Karir Puan Maharani 

Dalam membangun karirnya, Puan Maharani aktif terlibat dalam berbagai organisasi politik, kemasyarakatan, dalam dan luar negeri seperti berikut:

Pengalaman Politik

2006 Anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com