Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Senin 19 September 2022, Jadi yang Pertama di Westminster Abbey Sejak 1760

HARIANE – Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang digelar Senin, 19 September 2022 di Westminster Abbey. Dimana pemakaman tersebut akan disaksikan ratusan juta orang dari belahan dunia, untuk menghormati kepergian ratu terlama monarki Inggris.

Sebagai bentuk penghormatan, pemerintah Inggris telah menetapkan bahwa hari pada saat prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi hari libur nasional. Sehingga semua orang bisa menyaksikan kebaktian dan memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu yang sudah menduduki tahta lebih dari 70 tahun tersebut.

Dilansir dari laman PMJ News menjelaskan bahwa prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II menjadi sejarah tersendiri. Lantaran menjadi penguasa pertama monarki Inggris yang prosesi upacara pemakamannya dilakukan di Westminster Abbey sejak 1760.

Lantas seperti apa prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II?

prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II
Rincian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, yang dipimpin langsung Raja Charles III dan dihadiri keluarga kerajaan lainnya. (Foto: Twitter/Zir80s)

Berikut ini jadwal lengkap dan detail prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang disusun oleh pihak istana:

BACA JUGA:  Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Seluruh Pertandingan Sepak Bola di Inggris Ditunda

1. Pukul 06.30 waktu setempat, berakhirnya lying in state publik Inggris.

2. Pukul 08.00 waktu setempat, pintu Westminster Abbey akan dibuka. Dimana Jemaat dipersilahkan mengambil tempat duduk untuk menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.