Rawan Kecelakaan! Inilah 9 Ciri Ban Mobil Harus Diganti yang Baru

HARIANE – Mengetahui berbagai ciri ban mobil harus diganti yang baru sama pentingnya dengan memahami kapan harus melakukan pengecekan berkala pada mesin kendaraan.

Ciri ban mobil harus diganti sebaiknya diketahui karena hal ini mempengaruhi kenyamanan bahkan keselamatan penumpang saat berkendara.

Lantas apa saja sembilan ciri ban mobil harus diganti dengan yang baru? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

9 Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Ban mobil adalah salah satu komponen paling penting yang tak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan.

Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya ban mobil adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala.

Dilansir dari kanal Youtube Auto2000 ID, apabila pemilik mobil mendapati salah satu dari 9 ciri ban mobil harus diganti berikut ini, sebaiknya segera ganti ban dengan yang baru.

BACA JUGA:  7 Tips Beli Mobil Bekas, Wajib Tahu Sebelum Membeli Supaya Tidak Tertipu Penjual Nakal

1. Ban Telah Menipis

Perhatikan ketebalan ban mobil dengan melihat permukaan terluarnya. Apabila permukaan ban sudah gundul secara merata, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Tipis atau tidaknya ban bisa dilihat dari kondidi alurnya pada bagian tengahn serta samping ban. Apabila dibagian tengah masih terlihat sedikit namun disamping alurnya hilang, maka sebaiknya ban diganti.

Fungsi alur pada mobil adalah untuk membuang air saat kendaraan berjalan di genangan. Jika alur ini tidak ada atau gundul, maka ban bisa gampang slip terutama dijalan tol dengan kecepatan tinggi.

2. Mengalami Keausan yang Tidak Rata

ciri ban mobil harus diganti
Permukaan ban yang gundul berbahaya jika digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi di tol. (Pexels/Mike B)