Robot Transformer Asal Bantul Ternyata Dari Motor Bekas

hariane.com – Berbagai jenis replika robot berukuran besar berada di sebuah rumah di Kauman, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul.  Replika robot transformer ini merupakan pesanan dari pembeli di luar negeri.

Meski berukuran besar dan nampak gagah, namun ternyata robot-otbot ini dibuat dari onderdil motor bekas. Si pembuat, Eri Sudarmono mengaku sudah kuwalahan meladeni pesanan yang datang. Seniman lukis ini mengaku baru membuat robot-robot tersebut selama pandemi saja.

Hal ini lantaran selama pandemi, karya lukisannya sudah mulai sepi peminat. Sehingga dia mulai mencoba karya seni lainnya, yakni replika robot.

BACA JUGA: Cerita Lagu Male Fantasy, Billie Eilish: Otakku Rusak Karena Kecanduan Nonton Film Porno

Eri mengaku sudah hampir tujuh bulan memproduksi replika robot Transformer berukuran cukup besar. Rata-rata tinggi robot mencapai 3 meter dengan lebar rata-rata 120 cm.

Replika robot Transformers buatannya ini memiliki bentuk robot yang cukup baik. Eri mampu membuat robot dengan perbandingan bentuk dan postur replika robot Transformers yang seimbang.

Proses pembuatan replika robot transformers oleh warga asal Bantul dari onderdil bekas motor tua.
Proses pembuatan replika robot transformers oleh warga asal Bantul dari onderdil bekas motor tua. (FOTO: Zakie Hakim)

Onderdil motor bekas yang dipakainya didapatkan dari tempat-tempat pengepul rosok dari dalam dan luar Jogja. Sebagian besar adalah onderdil motor bekas lama yang sudah tidak bisa diperbaiki.

Motor-motor bekas itu dikirim oleh pengepul rosok dan dibelinya seharga Rp 500.000 hingga RP 800.000.

HARIANE.COM menerima rilis dan artikel serta karya fiksi untuk diterbitkan. Dikirimkan malalui email: redaksihariane@gmail.com